Maulid Barzanji

Bismillâhirrahmânirrahîm..

Ahmed Uthman with Sheik Mahmud Barzanji in 1927Barzanji ialah suatu doa-doa, puji-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad SAW yang dilafalkan dengan suatu irama atau nada yang biasa dilantunkan ketika kelahiran, khitanan pernikahan dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Isi Berzanji bertutur tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW, yang disebutkan berturut-turut, yaitu silsilah keturunannya, masa kanak-kanak, remaja, pemuda, hingga diangkat menjadi rasul. Di dalamnya juga mengisahkan sifat-sifat mulia yang dimiliki Nabi Muhamma SAWd, serta berbagai peristiwa untuk dijadikan teladan umat manusia.

Nama Barzanji diambil dari nama pengarangnya yaitu Syekh Ja’far al-Barzanji bin Hasan bin Abdul Karim. Ia lahir di Madinah tahun 1690 dan meninggal tahun 1766. Barzanji berasal dari nama sebuah tempat di Kurdistan, Barzinj. Karya tersebut sebenarnya berjudul ‘Iqd al-Jawahir  (kalung permata) yang disusun untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, meskipun kemudian lebih terkenal dengan nama penulisnya. Kitab ini yang menggambarkan Cinta dan berisi Kisah Maulid/Kelahiran Nabi Muhammad SAW karya Syekh Ja’far ibn Hasan ibn Abdul Karim ibn Muhammad al-Barzanji, seorang sufi dan mufti di kalangan Syafi’iyyah asal Madinah. Sebutan Al-barzanji sebagai nama marga bagi penulisnya, jauh lebih terkenal dibandingkan dengan nama kitab itu sendiri yaitu ‘Iqdul Jawahir. Kitab ini selalu dibaca oleh umat Islam Nusantara, khususnya ketika dibarengkan dengan Peringatan Maulid Nabi dari perkotaan hingga pelosok desa.

Lantas siapa Al-Barzanji itu? Mengapa dia menulis Kitab ‘Iqdul Jawahir? Bagaimana sejarah dan hubungannya dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam ?

Kata ‘Iqdul Jawahir secara letterlek berarti untaian permata. Sesuai dengan namanya, kitab ini merepresentasikan Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam sebagai uswatun hasanah. Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam bagi dunia seperti untaian mutiara, keindahannya menyilaukan dunia. Oleh karena itu, penulisan kisahnyapun dengan kata-kata yang indah pula agar sesuai dengan kisahnya. Sosok yang indah, akhlaq yang indah harus ditulis dengan sastra yang indah. Inilah makna untaian mutiara ‘Iqdul Jawahir. Bahkan di wilayah Nusantara, jika sengaja disebutkan nama kitab ‘Iqdul Jawahir banyak orang yang tidak faham, jauh lebih mafhum jika disebutkan Al-Barzanji.

Dalam konteks sejarah kelahiran ‘Iqdul Jawahir atau Al-Barzanji, perang salib yang melibatkan Sultan Shalahuddin Yusuf Al-Ayyubi yang memerintah dinasti Bani Ayyub dengan tentara Salib (Inggris, Prancis dan Jerman) pada tahun 1099 M menjadi latar yang sangat mengharukan. Di tengah himpitan semangat kemenangan tentara Salib yang sedang merayakan Natal serta keberhasilan menguasai Masjidil Aqsha, Sultan Shalahuddin Yusuf Al-Ayyubi mencoba memompa semangat kaum Muslimin dengan menggelar perayaan kelahiran Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam secara besar-besaran. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengimbangi perayaan Natal mereka.

Ide yang disuarakan oleh Sultan Shalahuddin ini sebenarnya berasal dari iparnya yaitu Mudzaffaruddin Gekburi yang menjadi Atabeg (setingkat Bupati) di Irbil, Suriah Utara. Khalifah An-Nashir yang memegang pemerintahan di Baghdad amat menyambut baik ide serta seruan ini. Maka pada bulan Dzulhijjah 579 H / 1183 M, ketika musim haji tiba, Sultan Salahuddin sebagai penguasa resmi Haramain (dua tanah suci, Mekah dan Madinah) menghimbau kepada seluruh jamaah haji, agar sekembalinya dari ibadah haji segera mentradisikan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di daerah masing-masing. Oleh karena itu mulai tahun 580 H / 1184 M tiap tanggal 12 Rabiul Awal harus dirayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam dengan berbagai kegiatan yang dapat membangkitkan semangat umat Islam.

Wallâhu ‘alamu bishshowâb…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s